Senin, 21 Juni 2010

Stadion Olahraga Bawah Tanah Pertama di Dunia

Senin, 21 Juni 2010
Kejutan besar muncul dari Qatar. Betapa tidak, ketika orang-orang di dunia hanya mengenal stadion olah raga di permukaan tanah, maka Qatar sebentar lagi akan memiliki stadion mewah yang berada di bawah tanah. Inilah stadion pertama di dunia yang dibangun di bawah tanah. Bukan hanya sekadar stadion biasa, juga kelengkapan fasilitasnya yang berkelas dunia. salah satunya adalah stadion ini dilengkapi dengan pendingin udara, sehingga di sini udara akan terasa sejuk meski penonton penuh sesak.

Qatar seolah ingin memanjakan semuanya, bukan hanya penonton tapi juga pemain, karenanya fasilitas yang disediakan benar-benar menyamankan orang-orang yang berada di dalamnya. Inilah salah satu langkah Qatar dalam rangka maju sebagai calon tuan rumah Piala Dunia 2018 mendatang. Kabarnya, pembangunan akan dimulai awal tahuin depan. Ini memang perjalanan panjang dan rumit. Sebagai informasi, stadion raksasa ini dibangun di bawah tanah ibukota Qatar, yakni, di Doha.

Apa alasan Qatar membangun stadion dengan 'ide gila' seperti itu?
Rupanya ketika semua orang terpaku menyaksikan segala pertunjukkan dilakukan di stadion di permukaan tanah, dan tak mau 'repot-repot' memikirkan ide kreatif lainnya, Qatar ingin mendahului. Negeri ini ingin tercatat sebagai negara pertama yang membangun stadion di bawah tanah. Sebuah langkah besar dan pastinya akan dicatat dan dikenang dunia sepanjang masa.

Bayangkan, betapa rumitnya pembangunan stadion olah raga itu karena posisinya yang berada di bawah tanah. Bayangkan juga berapa uang yang diinvestasikan dalam proyek itu. Tapi semua itu tak akan mengalahkan kebanggaan Qatar yang menjadi negara pertama memiliki stadion olah raga di bawah tanah.

Stadion ini mungkin kesempatan Qatar mengajukan diri jadi tuan rumah. Hanya saja sayangnya, stadion ini hanya berkapasitas tempat duduk 11.000 orang. Kurang besar ya untuk event olah raga seperti Piala Dunia. So, betapa pun ini merupakan salah satu usaha untuk menarik perhatian agar event sepak bola akbar itu bisa hadir di negerinya.




9 komentar:

Adib from kompinter mengatakan...

keren sob

four dreams mengatakan...

wah mantap :)

Coretan Felix mengatakan...

Wah,keren tp kapasitasnya terlalu kecil hanya 11.000

muchlisin mengatakan...

Ide luar biasa. Pasti butuh biaya sangat besar. Salut buat Qatar.

Salam ukhuwah

congcot mengatakan...

indahnya...
seandainya di bandung ada stadion olahraga bawah tanah seperti itu
seandainya indonesia juga punya seperti itu
kapan yaaa???

berkunjung ke congcot yaaa

kakve_santi mengatakan...

aneh2 aja...
ya namanya juga punya duit banyak :)

Googlesia mengatakan...

kotar kaya bgt y.........

Andi Wong mengatakan...

waw!!!.. keren gan... tpi kalo terjadi gempa bumi gimana tuh gan ???... :D btw wa dah follow(google)..bls yaaa..

PIK REMAJA AL-HIKMAH mengatakan...

Wah kerend banget ya stadionnya, kapan Indonesia punya stadion kayah gini ya?????

Posting Komentar