Jumat, 11 Juni 2010

6 Inspirasi Blog Terunik Yang Mungkin Anda Belum Tahu

Jumat, 11 Juni 2010

Pinkalicious Beetle

Berpikirlah dua kali kalau anda menganggap blog unik itu hanya blog yang mengangkat tema/niche yang spesifik. Yang membuat unik suatu blog adalah bagaimana blogger menyampaikan konten atau tulisan-tulisannya dengan cara yang unik—dan itu tentu saja didukung oleh niche yang spesifik, desain yang menarik, dan sebagainya. Berikut ini daftar 6 blog dengan format dan cara penyampaian yang sangat unik, lumayan buat inspirasi :)

1. Very Short Novels

Very Short Novels

Novel yang ditulis dalam blog? Itu sudah biasa. Nah bagaimana blog berisi novel-novel yang terususun hanya dalam 299 kata? Terserah bagaimana anda menilai tulisannya dan menganggap jumlah kata tersebut tak layak disebut sebagai novel, tetapi si penulis dengan uniknya menamai blognya Very Short Novels. Cukup dengan 299 kata. Anything more is waste. :D

2. Can Google Hear Me

Can Google Hear Me

Trying to get Google’s attention through the Internet!

Blog tentang rekap dari keempat penulisnya, hampir mirip seperti diary online, tetapi mereka membaginya menjadi 3 chapter. Saya kurang mengerti klasifikasi ketiga chapter tersebut. Namun yang pasti blog ini punya konsep unik yang bercerita tentang ide-ide penulisnya yang belum bisa diwujudkan di dunia nyata, dan berharap bisa meyakinkan Google untuk mau mendengar ide-ide tersebut.

Hasilnya? Dapat email balasan dari Google dan mengundangnya dalam meeting orang-orang dalam Google sendiri setelah mengirim ide bisnis. Selain itu tawaran juga datang dari perusahaan lain yang mulai tertarik dengan ide-ide tersebut. Menarik ya, perusahaan besar dijalankan dengan ide-ide besar dari orang-orang kecil.

3. I Can Has Cheezburger?

I Can Has Cheezburger?

Salah satu blog komedi terlucu dan unik—dan terpopuler! Menampilkan foto-foto lucu dan aneh dari hewan peliharaan (kebanyakan kucing)—mengingatkan kita pada The Planet’s Funniest Animals dulu hehe. Blog ini mengandalkan kontribusi membernya yang punya peliharaan kucing. Jadi kalau anda punya kucing yang suka bertingkah aneh-aneh mengapa tidak anda coba ambil gambarnya dan mengirimkannya ke Lolcats ‘n’ Funny Picures of Cats?

4. FlickOut

FlickOut

Blog tentang semacam review film-film Hollywood, dan menjadi unik karena dilengkapi dengan video trailer berformat HD, layanan beli tiket, vote untuk setiap ulasan film, dan tentu saja komentar sebagai fitur standar sebuah blog. Desain theme yang keren dan elegan juga semakin menambah keunikan blog ini.

5. Smoker’s Hack

Smoker's Hack

Ada sisi baik dari setiap keburukan. Seperti halnya merokok yang bukan merupakan kebiasaan baik dan membahayakan kesehatan, ada sisi positif yang bisa diceritakan. Mungkin itulah yang disampaikan pada blgo Smoker’s Hack ini.

Sebenarnya bukan rokoknya yang diceritakan, tapi iklan-iklan rokok jaman dulu yang unik dan lucu. Ditampilkan berupa gambar dan terkadang diselipkan beberapa sindiran, cukup menambah bacaan hiburan dan pengetahuan tentang iklan rokok dari blog yang satu ini.

6. Robert Bruce

Robert Bruce

Sekilas pasti anda mengira blog ini adalah semacam blog fotografi dan seni grafis, karena halaman depannya saja berisi gambar-gambar coretan, fotografi, dan seni tipografi. Tetapi dibalik itu ada sajak/puisi yang ditulis di halaman post-nya. Merupakan contoh bagus perpaduan kedua jenis seni yang berbeda. Dari gambar-gambar coretan dan tulisan-tulisannya, terlihat bahwa blog itu ditulis atas dasar pemikiran dan penghayatan sehari-hari penulis.

Bagaimana dengan blog lokal? Tentu saja banyak yang unik seperti Pesan Lewat, Nguping Jakarta, Chickenstrip, dan sebagainya—tidak dimasukkan di list karena sebagian besar dari kita pasti sudah mengetahuinya.

Apa blog unik favoritmu? ;)

0 komentar:

Posting Komentar