Sabtu, 19 Juni 2010

Linux Mint 9 Isadora Terbaru Siap Sambangi Para Penggunanya

Sabtu, 19 Juni 2010
Tidak ada yang paling berjasa selain Clement Lefebvre yang telah mengumumkan versi utama berikutnya dari sistem operasi Linux Mint. Dijuluki Isadora, Linux Mint 9 tersedia mulai saat ini dan siap untuk di-download. Sistem operasi open source ini didistribusikan baik untuk arsitektur 32-bit dan 64-bit, seperti Live CD atau Live DVD (dengan Oracle’s Java 6, VLC media player, OpenOffice.org, F-Spot, Samba, wallpaper ekstra dan font Dejavu).
Keberadaan Linux Mint 9 (Isadora) sendiri didasarkan pada rilis terbaru dari sistem operasi Ubuntu 10.04 LTS (Lucid Lynx), dan ini didukung oleh kernel Linux 2.6.32.11 yang sama. Linux Mint 9 ini dilengkapi lebih dari 30.000 paket perangkat lunak repositori, backup/restore tool terbaru, Menu Mint yang telah diperbaiki, Windows installer, karya seni baru dan banyak perbaikan bagus lainnya.
Sistem operasi Linux Mint 9 ini memiliki installer yang telah dimodifikasi dan tampak mirip dengan fitur yang dimiliki sejawatnya Ubuntu 10.0. Sistem operasi ini melibatkan fitur terbaru yang terbilang bagus. Dan salah satu fitur yang tidak dijumpai pada OS Ubuntu populer, yaitu layar pembuka yang sangat membantu dan instruktif. Adanya aplikasi yang berguna dan perbaikan desktop, seperti Mozilla, Thunderbird 3 Pidgin atau Open in Terminal script untuk Nautilus juga hadir dalam rilis ini!

Linux Mint 9 (Isadora) ini dapat melakukan booting lebih cepat, dengan dukungan selama 3 tahun pada desktop dan 5 tahun pada server (LTS release). Dengan keberadaan banyak wallpaper yang bagus dan indah, beberapa GNOME themes yang bagus dan icon GNOME yang bersahaja, kiranya telah membuat sistem operasi ini akan terasa sedap dipandang mata.
Secara harfiah, Linux Mint akan tetap selalu menjadi sistem operasi yang elegan, mudah digunakan, up-to-date, 100% gratis dan sistem operasi Linux berbasis pada kepopuleran sistem operasi Ubuntu. Sistem operasi ini menawarkan dukungan komersial berbayar baik kepada perusahaan maupun individu. Selain ityu, juga tentunya adanya dukungan komunitas bebas yang tersedia dari forum dan channel IRC.

2 komentar:

Muhammad Chandra mengatakan...

di tunggu kedatangannya. .

Dicky Rahman Ramadhan mengatakan...

, ok shob

Posting Komentar